Sekilas

Informasi umum.

Informasi Umum


Image

Tentang Pulau Moyo

Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa besar. Pulau dengan luas 32.044,86 ha ini berpenduduk 1.944 jiwa (sensus 2010). Pulau ini dijadikan Taman Wisata Alam Laut dengan luas 6.000 hektar sejak dikeluarkan surat keputusan menteri Kehutanan dan Perkebunan no. 308/KPTs-11/1986 pada tanggal 29 September 1986 dan dibawah pengendalian Badan Konservasi sumber daya alam Nusa Tenggara Barat.

Di pulau Moyo terdapat 6 dusun yang berpenduduk yaitu :

  • Dusun Labuan Aji
  • Dusun Brang Rea
  • Dusun Sebotok
  • Dusun Brang Kua
  • Dusun Stema
  • Dusun Patedong

Pulau Moyo masih memiliki sekitar 22.000 hektar lebih taman buru, sehingga masih banyak potensi wisata yang dapat digali dan dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat

Taman buru Pulau Moyo ini juga sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat beraneka ragam flora dan fauna terutama Burung Cacatua Sulphurea) dan burung bertong.

 

Investasi di Pulau Moyo

Menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa, masih dibuka lebar kesempatan berinvestasi di Pulau Moyo. Bila anda memerlukan informasi lengkap tentang kesempatan berinvestasi di Pulau Moyo, dapat menghubungi Kantor Pariwisata Daerah Sumbawa di Jalan Bungor No. 1 Sumbawa Besar, telp. 0371 23714.

 

Transportasi dari Lombok

Ada 2 alternatif yaitu melaui Darat dan Udara:

  1. Jalan darat dilayani mobiltTravel yang akan menempuh perjalanan selama +/- 6 jam dengan perinician : * Mataram - Pelabuhan Khayangan = 2 jam * (Kapal Ferri)Pelabuhan Khayangan - Poto Tano (Sumbawa Barat)= 1-2 jam * Poto Tano - Sumbawa Besar = 2jam

  2. Jalan udara dilayani sebuah Maskapai setiap hari dari Mataram-Sumbawa Besar dengan menggunakan pesawat Fokker 50 dan sebuah Maskapai yang terbang setiap Selasa dan Jumat. Perjalanan udara memakan waktu 35 menit.

 

Waktu Berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Moyo adalah pada bulan Juli-Agustus. Hindari berpegian antara bulan Desember - April karena gelombang ombak laut yang cukup besar.